Tuesday, April 23, 2013

Bamusi Ingin Berdayakan Masyarakat Islam yang Nasionalis

Sabtu, 08 Oktober 2011 17:40   

Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) yang merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang ingin memberdayakan masyarakat Islam secara nasionalis, dalam upaya menjagi empat pilar kebangsaan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

"Baitul Muslimin Indonesia pada hakekatnya murni organisasi kemasyarakatan yang ingin menyampaikan syiar Islam dalam keranga nasionalis berbangsa dan bernegara dengan menjunjung tinggi toleransi beragama", kata Ketua Umum Bamusi Prof. DR Hamka Haq MA pada acara halal bi halal keluarga besar Bamusi se Sumatera Utara, di Hotel Grand Antares Medan, Sabtu (1/10).

Hamka mengatakan, dalam kerangka demokrasi saat ini, Bamusi kita harapkan mampu memberikan manfaat dalam kehidupan berbangsa, bernegara dana beragama dengan tetap menjaga ukhuwah Islamiyah baik sesama muslim maupun non muslim dengan mengedepan Pancasila sebagai bentuk perwujudan manusia Indoensia seutuhnya.

Hamka mengatakan, Bamusi bukan merupakan ormas Islam yang radikal dengan mengedepankan kekerasan dalam bertindak, tetapi kehadiran Bamusi ingin memberdayakan ummat Islam agar mampu bersaing menghadapi era globalisasi dan perkembangan Iptek saat ini.

"Bamusi yang merupakan salah satu sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, akan berupaya memberikan kontribusi secara nyata dalam membangun bangsa dan negera ini", kata Hamka yang juga merupakan salah satu Ketua DPP PDI Perjuangan yang membidangi pendidikan budaya dan keagamaan.

Sementara itu Ketua Bamusi Sumut Anwar Noor Siregar dalam sambutannnya mengatakan, halal bi halal seperti ini merupakan suatu bentuk keakraban yang patut terus dibangun, dalam upaya menjagi komitmen organisasi untuk membangun manusia Indonesia yang nasionalis tetapi agamais.

Dalam kepengurusan Bamusi kata Noor Siregar, tidak ada kader yang ingin jatuh menjatuhkan, apalagi sampai mengkerdilkan seseorang hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompok.
"Bamusi dalam kehadirannnya di tengah tengah masyarakat Sumatera Utara telah banyak memberikan dampak positif bagi pembangunan di daerah ini. Terutama dalam membangun kaidah-kaidah keagamaan yang berdemokrasi dengan tetap berpegang teguh kepada Al Qur’an dan hadist serta empat pilar kebangsaan", kata Noor.

Secara terpisah Penasehat Baitul Muslim Indonesia H.Alamsyah Hamdani SH mengatakan, ke depan Bamusi sebagai organisasi kemasyarakatan yang juga merupakan salah satu sayap partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan di Sumatera Utara , terutama dalam membangun demokrasi dan kaidah-kaidah agama.

Acara yang bertemakan, Melalui Halal bi halal Kita Wujudkan masyarakat Muslim yang Demokratis, menghargai kebhinekaan dan toleransi terhadap sesama, dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumut M. Affan Sos dan ratusan undangan.  (di)

sumber:www.analisadaily.com

http://pdiperjuangan.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=662:bamusi-ingin-berdayakan-masyarakat-islam-yang-nasionalis&catid=74:bamusi&Itemid=124
-----------

Struktur, Komposisi dan Personalia Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia
Senin, 05 Desember 2011 18:26   
Sebagai hasil dari Penyempurnaan Struktur, Komposisi dan Personalia Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) tersebut, Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia, Megawati Soekarnoputri, melantik PP Bamusi bersama-sama dengan Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, dan Departemen Keuangan dan Perbankan di Kantor DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung Jakarta Selatan, pada tanggal 13 Oktober 2011 lalu.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyatakan PP Baitul Muslimin diharapkan dapat sebagai wadah penangkal radikalisme dalam agama, terutama Islam di Indonesia.

Menurut Megawati, radikalisme di lapangan bentuknya kekerasan, seraya menekankan bahwa kekerasan tidak menyelesaikan persoalan namun malah memunculkan persoalan.
“Kami ingin, di Indonesia ini kalangan beragamanya tentu harus bisa saling mengenal, saling berkomunikasi, dan tercermin dalam sikap-sikap begitu,” tandas Megawati.
Pelantikan Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) dihadiri antara lain Dewan Pembina, H.M. Taufiq Kiemas yang juga Ketua MPR-RI, Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj, yang juga merupakan salah satu Dewan Pembina PP Baitul Muslimin, Sekjen PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, Sekretaris Dewan Penasehat, Achmad Basarah yang juga anggota FPDI Perjuangan DPR-RI, Amir Moeis dan Maruarar Sirait.

Berikut Struktur, Komposisi dan Personalia Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) yang masa baktinya mengikuti masa bakti DPP PDI Perjuangan, yakni 2010-2015:
I. DEWAN PEMBINA                :
HJ. MEGAWATI SOEKARNOPUTRI
Prof. Dr. SYAFI’I MA’ARIF
H.M. TAUFIQ KIEMAS
Prof. Dr. K.H. SAID AGIL SIRADJ
II. DEWAN PENASEHAT
Ketua: Mayjen TNI (Purn) H. CHOLID GHOZALI
Sekretaris: Drs. ACHMAD BASARAH, MH

Anggota:
H. NABIEL MAKARIM
Prof. Dr. H. ROKHMIN DHAHURI
K.H. BASRI ANANDA
dr. H. JUDILHERRY JUSTAM, MA
Dr. H. MARWAH M. DIAH, SH, MPA
H. MOH. SOBARI
MH. SAID ABDULLAH
H. IRMADI LUBIS
H. ZAINUN AHMADI, SH

III. PENGURUS PUSAT
KETUA UMUM: Prof. Dr. H. HAMKA HAQ, MA
Ketua Bidang Kesejahteraan Umat: SRI RAHAYU
Ketua Bidang Keanggotaan/Organisasi: IRVANSYAH, S.IP, M.Si
Ketua Bidang Politik: H. ERWIN MOESLIMIN SINGAJURU, SH
Ketua Bidang Antar Agama: H. ZUHAIRI MISRAWI
Ketua Bidang Dakwah: HELMI HIDAYAT, MA
Ketua Bidang Humas dan Media: HAMID BASYAIB
Ketua Bidang Kaderisasi/Pelatihan: Ir. ABIDIN FIKRI, SH
Ketua Bidang Pendidikan: INDAH NATAPRAWIRA, M.Si
Ketua Bidang Hubungan Internasional: FAUZAN AMAR, SH
Ketua Bidang Pemberdayaan Muslimat: NAYLA RAGUAN AL-JUFRI, MA
Ketua Bidang Ekonom Umat: MAHMUDDIN MUSLIM, SE, M.Si
Ketua Bidang Wirausaha: Ir. BUDYARTO LINGGOWIYONO
Ketua Bidang Kebudayaan: MUKHLIS PATAHNA, SH, MA
Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga: Drs. EDY KUSCAHYANTO
Ketua Bidang Pemberdayaan Politik: IDHAM CHOLIED
Ketua Bidang Pemuda dan Mahasiswa: H. NASHIRUL FALAH AMRU, SE

SEKRETARIS JENDERAL: NURMANSYAH TANJUNG, SE
Wakil Sekretaris I: MASKUT CHANDRANEGARA, S.Sos
Wakil Sekretaris II: RAHMANI YAHYA
Wakil Sekretaris III: HARI APRIATNO, SE, MBA
Wakil Sekretaris IV: SUKMA RAGIL SAPUTRA, SE
Wakil Sekretaris V: AGUS SUSILO
Wakil Sekretaris VI: H. MOHAMMAD NOVA ANDIKA, SE, ME

BENDAHARA UMUM: ANDI RIDWAN WITTIRI
Wakil Bendahara I: Ir. YUDI SUTARNO
Wakil Bendahara II: ALIAH MAISARAH, S.Sos
Wakil Bendahara III: RUSLAN ABDUL GHANI
Wakil Bendahara IV: AHMAD SALADIN, S.Sos
Wakil Bendahara V: MUHAMMAD ARFAN, SE, M.Si

Selain itu, pada pertengahan Oktober 2011, Kantor Sekretariat Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia pindah ke Jl. Pancoran Timur No. 41 Perdatam Pancoran Jakarta Selatan 12770; Telp. (021) 7974680, Email: ppbaitulmuslimin@gmail.com
http://pdiperjuangan.or.id/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=74&Itemid=124

No comments:

Post a Comment